taktiksederhana: Taktik Menulis Artikel Agar Disukai Banyak Pembaca

Label

Cari Blog Ini

Minggu, 30 Oktober 2016

Taktik Menulis Artikel Agar Disukai Banyak Pembaca


Bagaimana sih taktik menulis artikel agar disukai banyak pembaca?

Setiap manusia pada dasarnya pandai bicara ketika ketemu orang-orang yang kita kenal.

Apalagi kalau membahas sebuah topik yang memang kita menguasainya, tanpa basa-basi kita pasti akan menerangkan panjang lebar Dengan begitu mudah, bahkan tanpa kesulitan kita akan bisa menjawab semua pertanyaan dengan lancar.

Tetapi ketika kita bertemu dengan orang banyak dalam suatu pertemuan dan membahas sebuah topik yang sama sekali kita tidak paham, tentulah kita pasti akan terdiam dan hanya menjadi pendengar yang setia.

Sebab bila kita ikut-ikutan menerangkan sesuatu yang sama sekali kita tidak menguasainya, pastilah tidak akan ada yang mendengar, dan kita hanya akan jadi cemoohan.

Begitu pula dengan menulis sebuah artikel di dalam blog, alangkah baiknya kita menulis sesuatu yang memang ada hubungannya dengan bidang yang kita kuasai.

Sobat blogger yang terhormatBila kita akan membuat artikel yang disukai oleh para pembaca, buatlah artikel yang memang kita menguasainya, yang mudah dipahami, dan bermanfaat serta tidak melelahkan mata pembaca sehingga mereka betah untuk membacanya.

Menulis ternyata butuh ketrampilan khusus yang sebenarnya mudah untuk di pelajari.

baca contoh artikel

Dan berikut adalah beberapa taktik agar mudah membuat artikel yang disukai oleh pembaca.

1. Membuat sebuah kerangka

Apasih kerangka itu?

Kerangka atau outline adalah: suatu rencana yang memuat garis-garis besar dari suatu susunan yang akan dibuat dan berisi rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur dari topik yang kita kembangkan di  dalam blog yang akan kita bikin.

Baca fungsi kerangka

2. Menulislah seperti kita sedang berbicara kepada teman

Dengan menulis seolah-olah kita sedang berbicara kepada teman, tentu akan mempermudah penulisan menjadi sebuah artikel yang tulisannya enak untuk dibaca.

Dan bagi sobat yang sehari-harinya jarang menggunakan bahasa indonesia, akan mengalami kesulitan, tapi bisa pelan-pelan kitamenulis dengan mengartikannya kedalam bahasa indonesia.

3. Memahami betul tentang topik yang di tulisnya

Sobat taktiksederhana, mungkinkah bila kita menulis sesuatu dengan topik yang sama sekali kita tidak menguasainya akan manjadi sebuah artikel yang menarik?Tentu saja tidak, bahkan akan terkesan amburadul.

Karena kita tidak akan bisa menulis dengan mudah, kita tidak tau akan menulis apa diawal dan di tengah tentang isi dari artikel serta tulisan terakhir harus bagaimana.

Yang ada malah kegalauan yang berakibat timbulnya rasa malas untuk menulis.Dan sudah saya buktikan ketika menulis artikel yang memang tidak menguasainya ternyata susahnya bukan main.

Bahkan setelah sudah jadi, kita saja yang membuat tidak tertarik dengan tulisan sendiri apalagi orang lain.Dan itu adalah salah satu alasan kenapa tulisan tidak enak dibaca.

4. Jangan terlalu banyak basa-basi

Sebenarnya basa-basi sih boleh saja, hanya sekedar sebagai bumbu-bumbu penyedap untuk menambah citarasa dalam penulisan tetapi jangan terlalu berlebihan.

karena jika terlalu banyak basa-basi akan membuat bosan pembaca karena menganggap kita tidak serius dalam menulis artikel tersebut dan terkesan hanya main-main saja dan pada akhirnya akan segera meninggalkan blog kita dan enggan untuk datang lagi.

Intinya boleh kita basa-basi tetapi harus tetap fokus pada isi dari topik yang kita bahas.

5. Libatkan pembaca dalam postingan

Maksudnya ialah masukanlah kata-kata seperti "sobat" atau kata-kata untuk menghormati pembaca, sehingga pembaca seolah-olah menjadi teman yang terhormat dan sudah kenal cukup lama dengan kita.

Jika kita terlalu mementingkan kata-kata seperti; "saya", "gua", "dia". Karena lama-lama akan membuat bosan pembaca yang merasa tidak dianggap.

6. Gunakanlah gaya bahasa yang mudah dipahami

Maksudnya ialah dalam penulisan kita usahakan menggunakan kata-kata yang umum dan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), kosakata yang sederhana, tata bahasa yang tidak rumit, dan juga menggunakan istilah-istilah yang yang sudah terbiasa dengan telinga masyarakat.

Pembaca blog kita pasti bermacam-macam, sehingga tingkat kecermatan dalam memahami isi dari artikel yang kita tulis juga tidak sama.

7. Gunakan gaya penulisan yang mudah di baca

Usahakanlah agar dalam setiap penulisan selalu memperhatikan huruf besar dan kecil, juga titik dan koma juga yang lainnya.

8. Gunakanlah paragraf yang sedang-sedang saja

Maksudnya ialah, ketika sobat menulis sebuah artikel hendaklah menghormati para pembaca, karena biasanya mereka lebih menyukai paragraf yang pendek tetapi isinya bisa di cerna
Jadi jangan gunakan paragraf yang terlalu panjang, gunakanlah setiap paragraf tidak lebih dari tiga baris kalimat.

Paragraf yang terlalu panjang juga membuat mata cepat pegal.

9. Gunakanlah kalimat dengan subheading

Maksudnya ialah bila kita akan menulis sebuah artikel yang sekiranya panjang dan membahas beberapa permasalahan dalam satu bab, agar memberi judul artikel di bawah judul utama yang menerangkan satu persoalan diantara beberapa persoalan dalam satu bab tersebut.

Sehingga pembaca dengan mudah mempelajarinya satu demi satu persoalan yang dibahas dalam artikel tersebut.

10. Gunakanlah bullet point

Bullet point berfungsi untuk menandai sebuah kata dengan point yang paling utama menjadi topik pembahasan di dalam artikel.

Bisa berupa mencampur huruf besar dan huruf kecil atau menandainya  dengan garis bawah, dan bisa juga dengan memberi warna maupun menebalkan kata utama tersebut.

Sobat taktiksederhana, mengunakan bullet point akan sangat menguntungkan pembaca, karena mereka terbantu dengan langsung menuju arah bacaan yang lagi dicarinya.

11. Gunakanlah gambar untuk menerangkan topik yang sedang dibahas

Sobat taktiksederhana, menggunakan gambar terlebih gambar yang sangat menarik merupakan keharusan agar sesuatu yang kita tulis menjadi menarik untuk dibaca.

Dengan adanya gambar gambar pada setiap artikel yang kita publikasikan, akan sangat bermanfaat untuk para pembaca menikmati bacaannya karena disuguhi juga gambar-gambar yang tidak akan membuat bosan.

12. Editlah artikel terlebih dahulu sebelum di publikasikan

Dengan membaca ulang kita akan dengan mudah menemukkan kata-kata yang belum sempurna maupun salah ketik dalam penulisannya.

kita bisa memperbaikinya maupun mengganti tulisan tersebut dengan jalan mengeditnya terlebih dahulu sebelum di publikasikan.

Demikianlah para sobat taktiksederhana sebenarnya kalau kita mau belajar dan membiasakan diri untuk menulis artikel yang beraturan dari awal sampai akhir, tentunya tidak ada kesulitan yang berarti.

Kita akan dengan mudah menyampaikan suatu permasalahan lengkap dengan pemecahannya melalui tulisan yang beraturan, tentu tulisan kita akan menarik banyak pembaca yang dengan rela hati akan membaca setiap halaman yang kita terbitkan dan membacanya dari awal sampai akhir.

Demikianlah sebuah artikel yang membahas tentang taktik menulis artikel agar disukai banyak pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar