taktiksederhana: contoh Sebuah Artikel Yang Unik Dan Menarik

Label

Cari Blog Ini

Sabtu, 29 Oktober 2016

contoh Sebuah Artikel Yang Unik Dan Menarik


Setelah membuat blog yang  Sebelumnya sudah diisi dengan sebuah artikel untuk mengawalinya, dan itu memang benar-benar susah terutama bagi pemula yang masih sangat dangkal pengetahuannya termasuk saya sendiri.


Untuk sobat taktiksederhana yang memang lagi belajar membuat sebuah artikel yang unik dan menarik, pada postingan kali ini saya akan memberikan contoh sebuah artikel yang terlebih dahulu diawali dengan menentukan sebuah tema ataupun pokok pembahasan dilanjutkan dengan membuat judul dan kemudian definisi.

Dan untuk mempermudah membuat artikel yang unik dan menarik serta bermanfaat, maka sebaiknya buatlah kerangka artikel yang akan kita tulis.

Dibawah ini adalah contoh kerangka dan artikel dari pengembangan kerangka tersebut

Contoh kerangka artikel

1. Tema    : Kesehatan

    Judul    : Manfaat Gizi Bagi Kesehatan

2. Definisi

   1 Pengertian gizi

3. Dampak kekurangan gizi
   1 mengganggu konsentrasi
   2 Penurunan berat badan
   3 Konsentrasi menurun
   4 Mudah terkena infeksi

4. Manfaat gizi
   1 Untuk kelangsungan hidup
   2 Mengatur metabolisme tubuh
   3 Untuk pertumbuhan
   4 Meningkatkan konsentrasi
   5 Meningkatkan daya tahan tubuh
   6 Meningkatkan energi

5. Tips agar memperoleh gizi cukup

   1 komsumsi 4 sehat 5 sempurna
   2 Makan lebih sering
   3 Ubah ukuran piring makan
   4 Makanan berserat
   5 konsumsi ikan
   6 Minum yang cukup
   7 Konsumsi suplemen


Contoh Pengembangan Kerangka artikel

Gizi bagi kesehatan


Gizi adalah elemen yang terdapat dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh seperti halnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Gizi yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih pada balita yang masih dalam masa pertumbuhan. Dimasa tumbuh kembang balita yang berlangsung secara cepat dibutuhkan makanan dengan kualitas dan kuantitas yang tepat dan seimbang.

Ada beberapa dampak buruk yang disebabkan jika kita tidak mendapatkan cukup gizi.

Dampak-dampak tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan kita, diantaranya adalah kurang gizi dapat menggangu konsenterasi.

Hal ini dikarenakan tubuh kita mengalami kekurangan zat-zat yang mengandung gizi, sehingga memacu menurunnya daya tahan tubuh dan mempengaruhi tubuh menjadi lemas.

Hilangnya konsentrasi ini sangat berbahaya, terutama bagi mereka yang mengendarai kendaraan bermotor.

Dampak lainnya yaitu penurunan berat badan yang tidak direncanakan. Meski begitu, ada pula orang bertubuh gemuk yang kekurangan gizi karena asupan yang dia konsumsi bukanlah makanan yang sehat.

Gampang lelah, karena kurangnya asupan gizi sebagai bahan dadar pembentukan tenaga.

Depresi, ini adalah dampak yang paling buruk, karena tidak mampu mengendalikan diri karena tidak adanya ketenangan yang seharusnya didapat ketika perut terisi

Tidak mampu menjalankan tugas yang biasa dikerjakan, karena kurangnya konsentrasi akibat dari asupan gizi yang kurang.

Mudah terkena infeksi karena penurunan sistem kekebalan tubuh.

Proses penyembuhan luka lambat, karena tidak adanya gizi yang seharusnya bisa mendorong pertumbuhan sel-sel baru sebagai pengganti dari sel-sel yang telah rusak.

Mudah kedinginan, karena daya tahan tubuh menurun, sehingga angin mudah masuk kedalam tubuh kita tanpa bisa menetralisirnya.

Perubahan mood atau suasana hati yang tidak menentu karena ketentraman jiwa tidak bisa di dapatkan akibat dari kurangnya tenaga yang mengolah otot-otot dalam pikiran.

Kehilangan selera makan, karena kurangnya gizi yang seharusnya bisa mengganti makanan yang sudah hilang.

Mudah terjatuh karena otot melemah, karena kurangnya tenaga yang seharusnya menjadi sumber agar otot-otot menjadi kuat akibat tidak adanya gizi yang seharusnya menggantikan kalori yang telah hilang .



Agar terhindar dari dampak-dampak tersebut, usahkanlah untuk selalu mendapatkan gizi yang cukup, karena tubuh kita akan mendapatkan manfaat yang baik, diantaranya adalah dengan gizi yang cukup, tubuh akan berkonsentarsi dengan baik karena otak mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Manfaat  Gizi tentu sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Gizi ini bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.  Gizi berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, memelihara dan mengganti jaringan tubuh, mendukung pertumbuhan manusia, dan berperan aktif dalam mekanisme pertahanan terhadap pengaruh lingkungan disekitar.

Selain itu, gizi yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari penyakit-penyakit yang akan menyerang.

Yang terakhir adalah tubuh akan mendapatkan energy yang banyak untuk melakukan aktifitas di hari esok.


Demikianlah manfaat dari gizi yang cukup.
Agar mendapatkan manfaat-manfaat gizi di atas.
Usahakan untuk mendapatkan gizi yang cukup, kareana gizi yang cukup merupakan kombinasi yang baik.

Berikut ini adalah tips-tips untuk mendapatkan gizi yang cukup.
Empat Sehat Lima Sempurna, kalimat singkat yang ditanamkan sejak kecil sebagai pengingat bahwa tubuh memerlukan asupan gizi yang tepat dan seimbang agar tubuh berada dalam kondisi prima. Makanan bergizi seimbang ini juga sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengontrol berat badan sekaligus memenuhi asupan gizi tubuh Anda.

Nah, untuk meningkatkan gizi seimbang Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini, yaitu:

Perhatikan porsi makan Anda. Makanlah dengan porsi sedikit tetapi dengan intensitas yang lebih sering sehingga Anda selalu merasa kenyang. Hal ini juga membantu Anda mengelola berat badan.

Kendalikan nafsu makan dan gunakan piring makan yang lebih kecil agar porsi makan menjadi lebih sedikit dan proporsional. Hal ini akan membuat pencernaan Anda menyerap nutrisi yang benar-benar dibutuhkan tubuh, tidak lebih dan juga tidak kurang.

Konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran segar, kacang-kacangan, gandum dan sereal untuk memenuhi kebutuhan serat sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral.

Konsumsi ikan minimal 3 kali seminggu seperti: salmon, nila, atau lele. Salmon mengandung asam lemak Omega 3 yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh khususnya jantung dan otak.

Minum satu atau dua gelas air sebelum makan untuk membantu mengisi kekosongan perut sekaligus membuat porsi makan Anda berkurang. Hal ini sangat baik untuk mengelola dan menurunkan berat badan.

Suplemen adalah pilihan tepat sebagai tambahan untuk melengkapi menu makanan Anda. Cobalah untuk mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral yang mengandung folat, vitamin D, kalsium, dan magnesium untuk kesehatan dan vitalitas tubuh secara menyeluruh. Bagi para vegetarian, bisa mengganti daging dengan konsumsi suplemen Omega-3 yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar